Ditemukan Mengemis, Warga Negara Inggris Diamankan Petugas Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta

Tim pengawasan orang asing kantor imigrasi kelas 1 TPI Yogyakarta telah mengamankan Terence Byrne, pria berusia 73 tahun Warga Negara Inggris ini terpaksa harus meringkuk di ruang detensi imigrasi kelas 1 TPI Yogyakarta, karena kedapatan tidak memiliki dokumen lengkap dan mengganggu ketertiban umum diwilayah prawirotaman.

Diketahui Terence Byrne, menginap di salah satu home stay di kawasan Prawirotaman kota Yogyakarta, dengan kondisi kejiwaan sedang tidak stabil atau depresi, sehingga meresahkan warga sekitar. Menurut data imigrasi, WNA tersebut telah melebihi batas izin tinggal atau overstay hingga 20 hari di Yogyakarta.

“ini kedua kali dia berkunjung diyogyakarta, sebelum ditangkap dia ke malaysia dulu, baru balik lagi ke yogyakarta dan telah overstay 20hari, jadi kita amankan.” Ungkap Sutrisno Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta (Jumat,22/2/2019)

Terence Byrne kemudian diamankan pada kamis 21 februari, untuk ditahan sementara di kantor imigrasi kelas 1 TPI Yogyakarta. Pria paruh baya asal Inggris itu selain depresi, dia juga kehabisan uang sehingga kedapatan mengemis dikawasan prawirotaman.

“kami mendapatkan informasi dari twitter dan juga homestay tempat tinggal warga asing tersebut, dan langsung kita tindak lanjuti, ternyata dia sedang meminta minta diwarung makan. Dan pas kita mintai dokumen seperti paspor, dia tidak bisa menunjukkan dengan alasan hilang”. Imbuh Raditya Jati Kasub Intelegen Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta.

Warga Negara Asing asal Inggris tersebut  masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa kunjungan, dan di negaranya ia berprofesi seorang pensiunan.

Pihak kantor imigrasi kelas 1 TPI Yogyakarta akan merujuk Terence Byrne ke rumah Detensi Imigrasi Semarang Jawa Tengah, untuk mendapatkan pendampingan kesehatan guna menangani gangguan kejiwaannya dan kemudian akan dikembalikan di negara asalnya. (Magnetv.net/CSI)


Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Comment:

*Name