Keren Banged! Bar di Jepang Ini 100 Persen di Bangun Dari Sampah Daur Ulang

Sampah yang semakin menggunung menjadi salah satu permasalahan penting bagi pemerintahan di seluruh di dunia. Berbagai macam cara dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengolahan limbah dari sampah yang dihasilkan sehari-hari. Sebuah daerah di Jepang ternyata hampir berhasil dalam mewujudkan masyarakat yang sadar akan pentingnya pengelolaan sampah. Kamikatsu, Jepang memiliki visi mendaur ulang 100 persen limbah yang dihasilkan kota. Kamikatsu berhasil mendaur ulang 80 persen dari 100 persen sampah yang dihasilkan kota untuk dimanfaatkan menjadi benda-benda layanan publik.

(foto : Kamikatz Public House. WAN Awards)

Dilansir Bored Panda, terdapat sebuah bangunan di Kamikatsu yang memenangkan WAN Sustainable Buildings Award pada 2016 lalu. Penghargaan tersebut terkait tentang pemanfaatan lingkungan. Bar bernama Rise & Win Brewing Co atau dikenal juga dengan Kamikatz Public House memiliki konsep pembangunan bebas emisi karena seluruh bangunan dibangun dari sampah daur ulang. Didesain oleh Hiroshi Nakamura & NAP, bar ini tidak hanya digunakan untuk minum, namun terdapat penginapan dan pembuatan kopi.

(foto:Kamikatz Public House. WAN Awards)

Bangunan ini memiliki tinggi 8 meter dengan dinding yang terbuat dari campuran kayu rumah kosong di kota tersebut. Jendela-jendela bekas digunakan sebagai detail eksterior yang unik, sedangkan botol-botol tak terpakai maupun barang bekas lainnya digunakan sebagai desain interior serta perabotan yang berada di dalam ruangan. Bar ini memiliki pemanas tanpa radiasi karbon yang dapat membuat pengunjung tetap nyaman di musim dingin.

(foto: Kamikatz Public House. WAN Awards)

Penduduk kota Kamikatsu telah terbiasa memisahkan sampah dalam 34 kategori. Oleh karena itu kota ini dikenal sebagai kota yang hampir bebas emisi.

Sungguh sebuah kisah yang dapat menambah inspirasi kita dalam pengelolaan sampah agar masih dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari maupun sarana publik. (Magnetv.net/KN)


Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Comment:

*Name