Lagi, Sineas Asal Jogja Tembus Film Internasional Bergengsi di Perancis

Clemort-Ferrand International Short Film Festival ke-41 yang akan diselenggarakan pada 1-9 Februari 2019 di Clermont-Ferrand Prancis, tak disangka sineas muda Yogyakarta memberikan kejutan yang luar biasa. Film pendek berdurasi 25 menit garapan Reza Fahriyansyah bersama Crazyone!!!Films, dan diproduseri oleh Wimba Hinu Satama menjadi satu-satunya film dari Indonesia yang lolos seleksi dalam festival film pendek terbesar di dunia tersebut. Tercatat sebanyak 9.238 film dari seluruh dunia yang terdaftar, hanya 76 film yang lolos proses seleksi dalam program kompetisi internasional tersebut.

Reza menjelaskan film pendek berjudul “Kembalilah dengan Tenang” memang ditargetkan untuk distribusi ke festival film luar negeri. Namun hasilnya diluar dugaan dan sangat mengejutkan, mereka menjadi satu-satunya peserta yang mewakili Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya.

Ide cerita mengenai premis film tersebut sudah dipersiapkan sejak dua tahun lalu, dan melalui proses penulisan naskah selama kurang lebih satu tahun. Proses pra poduksipun dilakukan selama tiga bulan dan untuk pengambilan gambar selama tiga hari. Kembalilah Dengan Tenang mengisahkan tentang duka Santoso (Ernanto Kusuma) dan Wati (Very Handayani) yang kehilangan anak semata wayangnya, Agung (Misbahku Rohim) secara mendadak. Hal itu membuat Santoso berurusan dengan situasi yang serba terbatas saat mengurus jenazah buah hatinya.

Dalam akun resminya @crazyonefilm, mereka juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta atas dukungan dana produksi yang telah diberikan, kepada para kurator yang memberi kesempatan, serta ucapan terima kasih pula kepada seluruh supervisor yang telah mendapingi saat menciptakan film ini (Magnetv.net/KN)


Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Comment:

*Name