New Yogyakarta International Airport (NYIA) Akan Segera Beroperasi Tahun Ini

Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan akan segera beroperasi pada April 2019. Beberapa maskapai penerbangan baik dalam maupun luar negeri dikabarkan telah siap menjalankan roda pesawat mereka di bandara baru tersebut. Dilansir dari merdeka.com pada kunjungan kerjanya dalam meninjau pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport, Sri Sultan berpesan bahwa waktu yang pendek dalam menyelesaikan pembangunan tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak professional dalam menjalankan prosesnya.

Setiap bangunan yang ada di bandara baru tersebut dirancang mampu menahan getaran gempa hingga kekuatan 8,8 skala richter. Berlokasi tak jauh dari pantai landasan pacu dibangun dengan ketinggian bidang empat meter di atas permukaan laut dan berjarak kurang lebih 1 kilometer dengan terminal, hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi akan bahaya tsunami. Selain itu landasan pacu bandara NYIA memiliki panjang 3.250 meter dengan lebar 45 meter. Pengaspalan landasan pacu ditargetkan dimulai Februari 2019, sehingga pada Maret 2019 dapat dilanjutkan dengan persiapan lighting atau perlengkapan lainnya.

Bila ditinjau dari nama bandara, Sri Sultan berpendapat bahwa New Yogyakarta International Airport lebih pas dan minim pro-kontra bila digunakan. Selain itu singkatan NYIA akan muncul dalam daftar kode bandara yang dianut secara internasional seperti halnya tertera dalam boarding pass. (Magnetv.net/KN)


Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Comment:

*Name